Facebook
RSS

SalesForce

-
Indra Aris Hermawan


Salesforce.com adalah vendor Software as a Service (SaaS) yang menyediakan aplikasi customer relationship management. (CRM) yang meliputi salesforce automation to partner relationship management, marketing, dan customer service.
Salesforce.com memiliki banyak layanan dan produk yang memiliki berbagai macam fungsionalitas yang berbeda-beda. Produk dan layanan tersebut salah satunya adalah Force.com :
Force.com Platform
Force.com merupakan Platform as a Service (PaaS), yang dapat digunakan oleh developer untuk membuat software on-demand sesuai kebutuhan. Penggunaanya cenderung mudah dan dapat dilakukan kustomisasi disesuaikan kebutuhan. Customization tools di dalam force.com digunakan untuk membantu memberikan solusi untuk menyediakan aplikasi sesuai kebutuhan bisnis tanpa melakukan pemrograman.
Tujuan
Force.com  dirancang dengan tujuan untuk membantu user fokus dalam memenuhi kebutuhan dalam membangun solusi bisnis sesuai dengan karakteristik masing masing tanpa terbebani bagaimana mengeksekusi programming untuk membangunnya karena dengan fitur builder yang disediakan dapat dicapai dengan melakukan konfigurasi dan kustomisasi tanpa melakukan programming.
Kemampuan
Dengan force.com dapat digunakan untuk mengembangkan database dengan cara drag and drop. Force.com juga memiliki tampilan user interface yang standard sehingga memudahkan dalam penggunaan. Pemberian hak akses (privileges) terhadap user untuk melihat dan mengedit data dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Force.com juga dapat digunakan untuk melakukan automation of workflows, approvals, dan kolaborasi lainnya antar user. Semua fungsionalitas dan kapabilitas software tersebut dapat di buat tanpa melakukan kode pemrograman karena tersedia fitur builder di dalam force.com.

Fitur
  • Form builder. Force.com diciptakan dengan kemudahan penggunaan seperti drag-and-drop tools, auto-generated user interfaces, pre-built components, dan pre-designed templates. Dengan fitur tersebut dapat digunakan untuk membuat objek dengan cara yang mudah namun dapat digunakan untuk membuat semacam sistem dengan form rumit semacam pada backoffice.
  • Mobile optimized. Aplikasi yang dibangun menggunakan force.com dapat digunakan oleh pengguna iPad,  iPhone, dan pengguna smartphone lain karena sudah kompatibel untuk mobile device.
  • Visual process manager. Force.com dapat digunakan untuk merancang dan melakukan otomasi secara virtual bermacam proses bisnis seperti proses approval dan workflow. Dengan fitur ini dapat dibuat logika aplikasi yang kompleks sekalipun dengan relative lebih mudah daripada mengembangkan aplikasi from scratch.
  • Open APIs. Fitur SOAP dan REST API yang dikembangkan oleh force.com dapat dipanggil dari berbagai macam bahasa pemrograman ataupun dipanggil oleh middleware. Force.com juga dapat diintegrasikan dengan Oracle, SAP,  dan sistem back-office yang dimiliki. Serta API support untuk berbagai macam bahasa pemrograman seperti .NET, Java, dan PHP.
  • Identity management.Force.com memberikan fitur untuk mengelola hak akses user terhadap objek, field, maupun data-data mana saja yang boleh diakses oleh user. Dapat dikembangkan aturan khusus sehingga dapat melakukan share data sesuai dengan yang diinginkan.
Manfaat menggunakan force.com
Kelebihan yang ditawarkan oleh fitur-fitur di dalam force.com memberikan banyak manfaat kepada user untuk memudahkan dalam mengembangkan aplikasi cloud sesuai proses bisnis yang diinginkan. Dengan menggunakan business automation tools di dalam fitur yang diberikan force.com dapat membuat user fokus kepada proses bisnis tanpa terkendala dalam eksekusi pemrogramannya. Selain itu user interface yang standar mempermudah user dalam menggunakan. Secara tidak langsung user tidak memerlukan investasi server sehingga mengurangi biaya maintenance server.

Deskripsi Kerja dan Tugas Sales Force
Berikut ini adalah deskripsi kerja dan tanggung jawab seseorang yang memegang jabatan sebagai sales force:
  1. Membuat daftar pelanggan prospek sesuai dengan segmentasi yang diinginkan Perusahaan
  2. Melakukan proses penjualan sesuai daftar target yang sudah ditentukan dan disepakati bersama dengan koordinator.
  3. Menyiapkan materi/tools yang akan digunakan dalam proses penjualan ke pelanggan dan melalukan presentasi
  4. Melakukan proses penjualan mulai dari awal perkenalan, negosiasi sampai dengan pembuatan kontrak dengan pelanggan.
  5. Membuat laporan aktivasi Sales mingguan sesuai format laporan yang disepakati dengan koordinator dan laporan bulanan sesuai format laporan yang sudah ditentukan.
  6. Membina hubungan dengan divisi-divisi lain dibantu oleh koordinator untuk proses-proses internal yang terkait proses penjualan ke pelanggan.
  7. Secara terus-menerus menambah pengetahuan terhadap produk atau layanan yang akan dijual dan selalu berusaha meningkatkan kemampuan pembinaan hubungan dan penjualan ke pelanggan.
  8. Mengikuti proses tender dari awal sejak pendaftaran, aanwijizing, submit penawaran dan jika menang maka harus melakukan proses monitoring aktivasi pelanggan dan sampai dengan pembuatan kontrak dengan pelanggan.
  9. Memelihara pelanggan yang sudah diperoleh dari menang tender dan mempersiapkan diri mengikuti tender berikutnya.
Partner Salesforce di INDONESIA
Mitra Integrasi Informatika (MII), didirikan pada tahun 1996 sebagai anak perusahaan dari publik PT Metrodata Electronics, Tbk, telah diakui secara luas atas dedikasi yang konsisten untuk kedua segmen Enterprise dan Korporasi. Penawaran layanan TI MII berkisar dari Layanan Sistem Integrasi IT Managed Services, dan Services Consulting untuk Pelaksanaan Bisnis Aplikasi berdasarkan Praktek industri terbaik.
Untuk memberikan kualitas layanan terbaik kepada klien kami, MII telah bersertifikat ISO 9001:2000 sejak tahun 2002 dan ditingkatkan menjadi ISO 9001:2008. Artinya, ISO standar untuk proses kerja dan kontrol kualitas telah sesuai dengan seluruh departemen dan divisi.


Sumber:

2 Responses so far.

  1. i read this blog because there is a Full information of salesforce integration
    salesforce integration

Leave a Reply